Buka Event ICCF di Pekanbaru, Erick Thohir: Kementerian BUMN Siap Kolaborasi Dukung Ekonomi Kreatif

ICCF 2021 Riau resmi dibuka Menteri BUMN Erick Thohir di Alam Mayang Pekanbaru

Editor: Theo Rizky
Istimewa
ICCF 2021 Riau resmi dibuka Menteri BUMN Erick Thohir di Pekanbaru, Jumat (26/11/20221) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - ‎Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2021 resmi dibuka oleh Menteri Badans Uaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir, Jumat (26/11/2021) malam. Kegiatan yang dipusatkan di taman rekreasi alam mayang Kota Pekanbaru ini akan berlangsung hingga 29 November mendatang. 

Acara pembukaan berlangsung meriah, kilatan lampu yang penuh dengan warna menambah suasana di lokasi ICCF semakin semarak. Dibagian depan panggung sudah berjejer kursi yang dibalut kain hitam. 

Di lokasi acara panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terlihat kursi tamu undangan diberi jarak sekitar 1 meter antara satu kursi dengan kursi yang lainya. ‎Tamu undangan juga wajib mengenakan masker. 

Tampak petugas keamanan juga berjaga di lokasi untuk mengamankan jalannya kegiatan ini.

Di kanan panggung juga tampak stand-stand yang memamerkan beragam produk kreatif dari para peserta ICCF. 

"Kalau kita lihat data industri turis indonesia, sebelum Covid pun sudah terlihat datanya, ada 75 persen itu turis lokal, 28 persen itu turis luar negeri. Untuk itu saya mengetuk pemimpin daerah para kreatif lokal, sudah saat nya kita membangun insfrastruktur bagi turis lokal," kata kata ‎Menteri BUMN RI, Erick Thohir saat membuka acara ICCF. 

"Tidak menomor duakan turis lokal. Kami dari kementerian BUMN terus berinovasi dan berkolaborasi untuk ikut memberikan fasilitas pendukung ekonomi kreatif di Indonesia," katanya lagi. 

Apalagi saat ini terus dibangun jalan tol, tentunya hal ini akan semakin mendukung infrastruktur untuk pariwisata di Indonesia. Terutama bagi turis lokal yang tidak boleh dinomor duakan.‎

"Berdasarkan data yang kami terima, akibat pandemi Covid-19 , saat ini pariwisata di Indonesia banyak dikunjungi turis lokal. Karena itu, turis lokal saat ini tidak boleh dinomor duakan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Erick juga mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk terus meningkatkan kreativitas. Pihaknya juga memberikan fasilitas dari sisi pembiayaan melalui Bank BRI.

"Kemudian dari sisi teknologi, kami juga menyiapkan PT Telkom. Jadi kami sudah menyiapkan lokomotif untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia," sebutnya‎

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, dengan adanya event ICCF di Riau, pihaknya mengimbau agar momen tersebut dimanfaatkan dengan baik semua pihak. Termasuk didalamnya para mahasiswa atau anak-anak muda harus bisa mengambil andil dalam acara-acara bergengsi terlebih, event tersebut dilakukan di Bumi Lancang Kuning .

"Event ini diikuti oleh orang-orang kreatif dan dapat menunjukkan kebolehan dirinya, juga pelaku usaha dan masih banyak lagi, silahkan saja anak-anak muda Riau ikut," katanya.

Gubri melihat, bahwa mahasiswa dan anak-anak muda Riau memiliki kreatifitas yang bagus, sehingga ia menginginkan event tersebut juga turut dimeriahkan anak milenial Riau. 

"Apalagi akan banyak kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari city tour Pekanbaru - Siak, kenduri Riau, dan launching Jadiin yang merupakan program Kementerian BUMN untuk cinta produk lokal indonesia," ujarnya.  

Dijelaskan Gubri, selama acara Kenduri Riau berlangsung akan digelar pameran 17 subsektor ekonomi kreatif, oleh pelaku ekraf di Riau, penampilan pertunjukan musik, tari, teater dan lainnya.

"Kemudian juga bazar kuliner, lomba stand up comedy celoteh, lomba musik melayu kreatif, lomba tari kreasi melayu, pemilihan bujang dara 2021, lomba masak, dan lomba video," sebutnya.

Kegiatan bertaraf nasional ini akan diisi dengan beragam kegiatan. Mulai dari lomba kearifan lokal, pemeran ekonomi kreatif, stage act hingga fashion show. Selain kegiatan ICCF konferensi (ICCC) yang akan diselenggarakan pada Hari Sabtu dan Minggu, 27-28 November 2021, yang juga akan dihadiri oleh para pemimpin daerah dan komunitas dari beragam wilayah di Indonesia. ‎‎

ICCF adalah acara tahunan yang terdiri dari Indonesia Creative Cities Conference (ICCC), pameran produk dan jenama lokal, pagelaran seni, dan sebagainya. Provinsi Riau telah terpilih sebagai tuan rumah ICCF di tahun 2021 ini, dengan penyelenggaraan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

‎ICCC yang akan berlangsung pada tanggal 27-28 November 2021 di Hotel Pangeran, Pekanbaru, akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibyo, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Decymus, 13 kepala daerah, dan peserta lainnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved