Dampak Virus Corona di Riau

Anak-anak Usia 6-11 Tahun di Riau Akan Segera Divaksinasi Covid-19, Ini Syaratnya

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun di Provinsi Riau akan segera dimulai.

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Vaksinasi Covid-19 tahap kedua digelar di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Ribuan orang yang mendapat Vaksi Covid-19 tersebut berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun di Provinsi Riau akan segera dimulai.

‎Namun kapan dan dimana lokasinya, hingga saat ini belum dipastikan. Sebab Pemerintah Provinsi Riau masih terus melakukan koordinasi kepada seluruh daerah terkait pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok anak usia 6-11 tahun ini. 

Gubernur Riau Syamsuar , Senin (20/12/2021) meminta Bupati/Walikota se Riau untuk menyiapkan lokasi vaksinasi anak di masing-masing daerahnya.

"Vaksinasi anak 6-11 tahun sedang kita koordinasi dengan kabupaten/kota, dimana dulu akan dilaksanakan. Nanti kita minta Pak Bupati/Walikota menyiapkan lokasi dimana pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun ini," kata Gubri Syamsuar.

Disinggung apakah ada syarat tertentu dari Satgas Riau untuk vaksin anak 6-11 tahun, Gubri menyatakan syarat sehat. Kemudian harus terdaftar di Kartu Keluarga (KK) orang tuanya.

Baca juga: Satgas Covid Pekanbaru Klaim Mayoritas Pengelola Mal Sudah Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

"Kalau sudah SD kan sudah terdaftar di KK orang tuanya," ujar mantan Bupati Siak dua periode ini.

Saat disinggung apakah nantinya pelaksanaan vaksin anak ini bisa dilakukan di sekolah, Gubri menyatakan bisa saja vaksin anak 6-11 tahun bisa dilaksanakan di sekolah, seperti vaksinasi siswa SMP dan SMA sederajat.

"Bisa saja dilaksanakan di sekolah, memang bagusnya di sekolah. Nanti kita koordinasi dengan bupati/walikota untuk tempat pelaksanaan vaksin anak ini," katanya. ‎‎

Sebelumnya,  Juru Bicara (Jubir) Penanganan Satgas Covid-19 Riau dr Indra Yovi, Selasa (14/12/2021) mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 5 sampai 12 tahun di Provinsi Riau akan segera dimulai. 

Baca juga: Selama Nataru Tidak Boleh Gelar Perayaan di Mal Kecuali Pameran UMKM, ini Instruksi Wako Untuk 7 OPD

Pihaknya bersama dinas kesehatan dan dinas pendidikan kabupaten kota di Riau diminta untuk mempersiapkan data jumlah anak yang menjadi target sasaran vaksinasi pada kelompok usia 5-12 tahun ini.

"Sama-sama kita ketahui, bahwa untuk vaksinasi usia 5 sampai 12 tahun itu sudah resmi diizinkan oleh pemerintah pusat, nanti teknisnya akan disiapkan oleh Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten kota untuk memaksimalkan semua anak usia 5 sampai 12 tahun semua bisa tervaksinasi," kata Yovi.

Namun saat ditanya berapa sebenarnya jumlah anak usia 5 sampai 12 tahun di Riau yang menjadi target sasaran vaksinasi, Yovi belum bisa menjabarkan. Sebab kata dia, datanya masih berada di Dinas kependudukan dan Dinas pendidikan.

Baca juga: Seluruh Taman Kota dan RTH di Pekanbaru Tutup Saat Malam Tahun Baru

"Datanya masih belum kita dapatkan, nanti kita akan minta ke dinas kependudukan dan Dinas pendidikan," ujarnya.

Yovi menegaskan, pihaknya akan segera menggelar pertemuan dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk melakukan pendataan terhadap anak-anak yang masuk kategori sasaran vaksinasi.

Setelah datanya didapatkan baru lah nanti dilakukan sosialisasi sebelum vaksinasi dimulai.

"Secepatnya, nanti kita sosialisasikan dulu," sebutnya. 

Seperti diketahui,  pemerintah daerah di Riau bersama stake holder terkait terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi ditengah masyarakat. 

Hingga saat ini capaian vaksinasi di Riau untuk dosis 1 sudah mencapai 2,6 juta jiwa atau sekitar 58 persen dari target sasaran vaksinasi sebanyak 4,8 juta jiwa. ‎

Sedangkan untuk vaksinasi dosis ke 2 baru tercapai sebanyak 1,6 juta jiwa atau sekitar 35 persen.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Omicron Saat Nataru, Ahli Epidemiologi Riau Imbau Warga Kurangi Mobilitas 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Selasa (14/12/2021) mengungkapkan, capaian vaksinasi di Riau masih terbilang rendah. Sebab Riau saat ini belum masuk 10 besar capaian vaksinasi terbanyak di Indonesia. Riau bahkan masih berada dibawah Sumatera Barat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved