Dumai Masuk Daftar Mengikuti Program Smart City, Wako: Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Kota Dumai masuk dalam 50 kota atau kabupaten yang dipilih untuk menyusun masterplan kota smart city.

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Kota Dumai 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai, telah mengikuti penilaian (assessment) dalam rangka Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (smart city) yang telah diselenggarakan secara daring 1 sampai 5 November 2021 lalu.

Dari 88 peserta kabupaten atau kota yang mengikuti assessment tersebut, telah dipilih 50 kota atau kabupaten untuk menyusun masterplan kota smart city

Kabar baiknya, di awal 2022 kota Dumai masuk dalam 50 kota atau kabupaten untuk menyusun masterplan kota smart city.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai, Khairil Adli membenarkan bahwa Kota Dumai, terpilih dan masuk kedalam daftar 50 kabupaten dan kota untuk mengikuti program Gerakan Menuju Smart City 2022.

Baca juga: Kampoeng Kuliner Dumai Soft Opening, Diharapkan Menjadi Destinasi Wisata Unggulan di Dumai

Dijelaskannya, Penetapan itu terlampir didalam Surat Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 003/DJAI/AI.01.0501/2022 Tanggal 3 Januari 2022 perihal Penyampaian Hasil Seleksi Asesmen Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022.

Khairil Adli dengan masuknya kota Dumai ,  untuk mengikuti program Gerakan Menuju Smart City 2022, ‎tentunya ini merupakan tantangan bagi Pemko Dumai untuk segera menyusun masterplan smart city. 

Baca juga: Pantai Koneng Dumai Masih Jadi Primadona Wisatawan Saat Libur Natal

Bukan hanya itu saja, tambahnya, Pemko Dumai, juga harus  mempelajari draft nota kesepakatan bersama antara Pemko Dumai bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Implementasi Gerakan Menuju Smart City.

"Setelah melengkapi draft tersebut, kita akan konfirmasi persetujuan kepada pihak Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika paling lambat pada tanggal 4 Februari 2022," katanya, Jumat (7/1/2022)

Sementara itu,  Walikota Dumai Paisal senang Dumai terpilih dan masuk ke dalam daftar 50 kabupaten dan kota untuk mengikuti program Gerakan Menuju Smart City 2022.

Baca juga: Maksimalkan Pelayanan, Pemko Dumai Akan Bangun Mal Pelayanan Publik di Tahun 2022

Ia kembali menegaskan bahwa tujuan utama program smart city adalah meningkatkan pelayanan masyarakat dengan cara yang inovatif.

"Program Gerakan Menuju Smart City 2022 ini sangat penting bagi Indonesia, khususnya Kota Dumai demi mewujudkan Dumai Kota Idaman. Kami minta kepada seluruh pihak terkait untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city, serta meningkatkan inovasi dalam berbagai program Pemko Dumai," pungkasnya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Keripik Cabe Dumai, Oleh-oleh Khas Dumai yang Wajib Dibawa Pulang

Ramah Lingkungan dan Ramah di Dompet, Motor Listrik ECGO Hadir di Kota Dumai

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved