BBKSDA Riau

Cari Betina Untuk Dikawini, Gajah Sumatera Ini Nekat Melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Seekor gajah Sumatera jantan bernama Codet masuk dan melintas di jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin jantan melintas di jalan Tol Pekanbaru-Dumai kilometer 73, Senin, (14/2/2022). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin jantan masuk dan melintas di jalan Tol Pekanbaru-Dumai kilometer 73, Senin, (14/2/2022).

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau M. Mahfud menjelaskan gajah jantan bernama Codet tersebut merupakan bagian konservasi kantong gajah di Balai Raja . 

Codet melintas dari arah Giam Siak Kecil menuju Balai Raja .

"Codet ini soliter, hidup sendiri dan tak ada temannya. Jadi dia ke Giam Siak Kecil untuk mencari teman bermain dan betina untuk dikawini," terang Mahfud kepada wartawan di Kantor BBKSDA Riau , Rabu (16/2/2022). 

Baca juga: FOTO : Underpass Perlintasan Gajah di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Berdasarkan pantauan GPS collar, Codet sering bolak-balik ke Balai Raja ke Giam Siak Kecil dan menghabiskan waktu di sana selama tiga bulan.

Mahfud melanjutkan alasan codet tak melintas melalui underpass atau terowongan gajah sebab di malam sebelumnya hujan cukup deras dan jalan digenangi air.

"Karena di sana ada aliran sungai kecil sehingga saat hujan deras terowongan tergenangi air dan Codet tak bisa lewat," jelas Mahfud.

Baca juga: Berwisata Melihat Alam dan Anak Gajah di TWA Buluh Cina Kampar, Hanya 40 Menit dari Pekanbaru

Oleh karena itu gajah tersebut mencari titik terendah untuk dapat melintasi dan merobohkan pagar beton di jalan tol.

"Ini sendiri merupakan kejadian pertama dan alasannya tak lewat underpass karena faktor alam," jelasnya.

Berdasarkan pantauan GPS collar, kini gajah tersebut telah berjarak 4 kilometer dari titik jalan tol dan mengarah ke kawasan Balai Raja.

Dilanjutkannya, berdasarkan hasil koordinasi dengan pengelola jalan tol PT. Hutama Karya, disepakati untuk ke depannya akan ditingkatkan komunikasi antar pihak dalam informasi pergerakan Gajah khususnya Condet.

Upaya menanam pakan Gajah di mulut terowongan (under pass) agar Gajah melintas di terowongan tersebut dan pihak PT. Hutama Karya akan menanam jenis jeruk jerukkan di sepanjang pagar sekitar under pass agar Gajah melewati pagar.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved