Perpustakaan Keliling Kota Dumai Kembali Beroperasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai kembali mengoperasikan layanan Perpustakaan Keliling

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai kembali mengoperasikan layanan Perpustakaan Keliling 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Beberapa waktu terhenti  karena pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan, layanan Perpustakaan Keliling (Pusling) yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip), sejak Januari 2022 kini aktif kembali.

Kepala Dispersip Kota Dumai melalui, Kepala Bidang Perpustakaan Irna Arianti mengatakan, untuk ‎memberikan Ilmu dari buku, pihaknya kembali mengoperasikan Pusling. 

"Alhamdulillah, sejak awal tahun 2022 Perpustakaan Keliling telah mulai beroperasi ke sekolah-sekolah yang sekiranya jauh dari Perpustakaan Daerah Dumai baik PAUD, TK, SD, dan SMP," katanya, Kamis (24/2/2022)

Ia mengatakan, memang sejak pandemi melanda ditahun 2020, Perpustakaan Keliling Kota Dumai , sempat terhenti beroprasi karena pembelajaran siswa dan siswi dilakukan secara virtual atau daring.

Baca juga: Pelabuhan Roro Dumai-Rupat Resmi Terapkan E-Ticket

Namun melihat situasi pandemi dan perkembangannya saat ini, tambahnya, pihaknya telah menyiapkan strategi agar perpustakaan keliling bisa menyasar ke sekolah-sekolah, karena pembelajaran tatap muka di Kota Dumai telah aktif dilakukan.

"Pada saat Perpustakaan Keliling hadir di sekolah-sekolah, saya telah mengintruksikan kepada anggota yang turun kelapangan untuk menghimbau kepada para orang tua agar dalam memanfaatkan layanan Pusling,  anak dan orang tua atau guru yang mengawasi anak untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti menggunakan masker dan menghindari kerumunan," sebutnya.

Terlebih saat ini, jelasnya, Pemerintah Kota Dumai bersama TNI dan Polri tengah menggenjot Vaksinasi Bagi Anak (Usia 6-11 Tahun).

Baca juga: Lokasinya Strategis di Tengah Kota, 40 Kios di Kampung Kuliner Dumai Bakal Terisi Penuh

Perpustakaan Keliling juga turut berperan untuk mensosialisasikan bahwa vaksin aman dan halal, sehingga pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat berjalan optimal.

Irna mengaku saat ini masih menjalin koordinasi dengan sekolah-sekolah, terkait teknis layanan agar tidak menimbulkan kerumunan, karena memang antusias anak anak masih tinggi, dan mereka juga terlihat senang dengan adanya Pusling ini.

Baca juga: Ini Tarif dan Jadwal Kapal Roro Lintasan Alai Insit Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti-Dumai.

"Contohnya diatur perkelas ataupun perkelompok dengan jadwal yang telah ditentukan. Jika sudah fix dengan pihak sekolah kita akan susun jadwal, dan 4 armada Perpustakaan Keliling kita dapat kembali beroperasi, prioritas sekolah yang berada agak jauh dari Perpustakaan Kota Dumai," sebutnya.

Irna berharap, dengan kembali aktifnya perpustakaan keliling ini bisa meningkatkan minat baca siswa, sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Sesuai dengan salah satu Program Khidmat Wali Kota Dumai, yaitu Dumai Khidmat Pendidikan, dan tentunya bisa meningkatkan kecerdasan anak anak kita," pungkasnya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved