Logo Karya Mahasiswa ITB Raih Juara I Desain Logo HUT ke-23 Kota Dumai, Ini Maknanya

Adinda Tri Lovely Mulyadi, warga Jaya Mukti Kota Dumai ditetapkan sebagai pemenang Lomba Desain Logo Hari Jadi Kota Dumai Ke-23.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Logo karya Adinda Tri Lovely Mulyadi, warga Jaya Mukti Kota Dumai yang menjadi pemenang dalam Lomba Desain Logo Hari Jadi Kota Dumai Ke 23 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kota Dumai,  selaku Panitia Lomba Desain Logo Hari Jadi Kota Dumai Ke 23 menetapkan Pemenang Logo resmi HUT Kota Dumai Tahun 2022, pada Rabu (9/3/2022).

Setelah para dewan juri termasuk Walikota Dumai Paisal melakukan penilaian, maka akhirnya juri memutuskan bahwa Adinda Tri Lovely Mulyadi, warga Jaya Mukti Kota Dumai , ditetapkan sebagai pemenang Lomba Desain Logo Hari Jadi Kota Dumai Ke 23.

Adinda yang juga seorang mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) dan karyanya yang bertemakan "Berkhidmat Menuju Kota Idaman" berhasil mengalahkan 50 logo yang dikirim peserta lomba ke panitia.

Walikota Dumai Paisal mengapresiasi logo yang dikirimkan oleh Adinda, Menurutnya, desain dengan konsepnya  sederhana, tidak gegap gempita, tegas sarat dan makna layak menjadi pemenang.

Baca juga: Perpustakaan Keliling Kota Dumai Kembali Beroperasi

"Saya sangat senang dengan logo ini, karena desain logo ini memiliki filosofis yang merepresentasikan visi misi Kota Dumai, harapan dan semangat berkhidmat untuk mewujudkan Dumai sebagai Kota Idaman," katanya,

Paisal menerangkan,  bahwa untuk logo yang terpilih  merupakan logo yang terbaik, melalui proses penilaian yang independen dan subjektif.

"Alhamdulillah saya dan semua juri satu suara. Kita memang butuh desain yang apik dan menyesuaikan dengan zaman tanpa menghilangkan unsur-unsur kemelayuan di dalamnya," katanya.

Baca juga: Pelabuhan Roro Dumai-Rupat Resmi Terapkan E-Ticket

Atas nama pribadi dan Pemko Dumai, Paisal  turut mengapresiasi karya-karya yang dikirim oleh para peserta.

"Walaupun peserta terbatas hanya diikuti masyarakat Riau saja, namun secara kualitas karya para kreator dan desainer Riau tak perlu diragukan lagi. Ini membuktikan daya saing anak-anak di Riau patut diacungi jempol," sebutnya.

Sebelumnya, Kadiskominfo melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Dumai Muhammad Saddam, mengatakan bahwa para juri termasuk Walikota Dumai Paisal telah menyeleksi 50 logo yang masuk dengan indikator seleksi administrasi dan kecakapan dalam menuangkan tema dan tagline Hari Jadi ke 23 Kota Dumai dalam bentuk visual.

Baca juga: Lokasinya Strategis di Tengah Kota, 40 Kios di Kampung Kuliner Dumai Bakal Terisi Penuh

"Dewan Juri, termasuk Pak Wali telah menentukan satu karya pemenang lomba logo berdasar tingkat orisinalitas, kesesuaian filosofi, karakteristik budaya, nilai estetika, dan ketentuan lain yang telah ditetapkan panitia," sebutnya

Sadam mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Diskominfo Dumai secara resmi merilis logo HUT Kota Dumai yang akan digunakan pada perayaan hari jadi Kota Dumai pada 27 April 2022.

"Hari ini kita umumkan pemenang dilaman sosial media Instagram di @diskominfo.dumai," jelasnya.

Adinda Tri Lovely Mulyadi sebagai pemenang logo HUT Dumai, ke 23, mengungkapkan bahwa logo HUT Kota Dumai ke 23 terinspirasi dari motif melayu 'Kaluk Pakis' dan Lancang Kuning yang sangat berkaitan erat dengan budaya Melayu yang memiliki pesan yang mendalam.

Baca juga: Keripik Cabe Dumai, Oleh-oleh Khas Dumai yang Wajib Dibawa Pulang

Ia menambahkan, motif khas Melayu berupa kaluk pakis atau paku pada logo ini, memiliki makna yaitu sesuatu yang walapun dalam keadaan atau kondisi apapun, akan terus tumbuh dan berkembang hingga mencapai suatu titik, yang dimana hal tersebut merupakan impian menjadi kota idaman yaitu kota Dumai unggul dan bersahaja.

Selanjutnya, dalam logo ini juga terdapat Lancang (Perahu) Kuning yang disimbolkan sebagai masyarakat Kota Dumai yang berlayar menuju kota impian.

Dalam berlayar, jiwa dipenuhi dengan tekad dan kegigihan karena dalam tujuannya pasti terdapat sebuah rintangan. 

Maka dari itu, tambahnya, diperlukan seorang nahkoda yang bijaksana dan awak yang lihai untuk bekerjasama dalam menuju tujuan yang satu yaitu kota yang unggul dan berseri.

"Logo ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki unsur estetika, kebudayaan dan modernitas yang memiliki makna atau filosofi tersendiri," jelasnya. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved