Hidupkan UMKM, Seratusan Lapak Pasar Ramdan Bakal Disiapkan di Kota Dumai

menyambut bulan Ramadan Pemerintah Kota Dumai bersama pihak lainnya akan akan melaksanakan Pasar Ramadan dan Bazar Ramadan.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pasar Ramadan Tahun 2022M/1433H digelar di Ruang Rapat Kantor Dinas Perdagangan Kota Dumai, Jalan Sultan Syarif Kasim, Senin (14/3/2022) lalu.  

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Wali Kota Dumai,  melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai,  Syahrinaldi, menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pasar Ramadan Tahun 2022M/1433H, bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Perdagangan Kota Dumai, Jalan Sultan Syarif Kasim, Senin (14/3/2022) lalu. 

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan , Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perdagangan, Kadin Dumai, bersama asosiasi pedagang pasar (APP) seluruh Indonesia, Kota Dumai , serta pihak terkait lainnya, akan melaksanakan Pasar Ramadan dan Bazar Ramadan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai,  Syahrinaldi menyampaikan bahwa ini masih rapat awal, rencannya Panitia akan menyediakan ratusan tempat berupa Stand tenda dan listrik bagi para pedagang di depan Ramayana Sudirman.

Baca juga: Pikat Wisatawan, Replika Rumah Adat Bakal Dibangun di Taman Bukit Gelanggang Dumai

"Dengan adanya Pasar Ramadaan ini, masyarakat dapat membeli menu Takjil dan juga menjadi tempat ngabuburit bersama keluarga. Selain itu juga bagi para pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat berjualan di  tempat yang telah disediakan saat bulan Ramadan," sebutnya.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Hermanto, menerangkan bahwa walau saat ini pandemi Covid-19 belum usai, namun semangat bagi para pelaku  UMKM tidak surut untuk berkreasi dengan berbagai masakan pembuka, minuman dan takjil saat Bulan Ramadhan tahun ini. 

"Untuk dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di bulan Ramadan, tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan ketat. Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan berjualan agar dapat menyesuaikan dan tidak berjualan di sembarang tempat," ujarnya. 

Baca juga: Logo Karya Mahasiswa ITB Raih Juara I Desain Logo HUT ke-23 Kota Dumai, Ini Maknanya

Dirinya menegaskan bahwa pada saat pelaksanaan nantinya, Dinas Perdagangan akan melakukan monitoring sesuai dengan komitmen yang telah disepakati dengan para pengelola Pasar Ramadhan dan juga akan mengawasi kelayakan dagangan yang dijual oleh pedagang. 

Sementara, Ketua Kamar dagang indonesia (Kadin) Dumai, Zulfan didampingi Ketua Panitia Ismail mengungkapkan, bahwa dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di bulan Ramadan terutama pelaku UMKM pihaknya bersama Pemko Dumai, berencana membangun seratusan lapak Pasar Ramdan di depan Ramayana, Jalan Sudirman. 

Baca juga: Perpustakaan Keliling Kota Dumai Kembali Beroperasi

‎"Kita membuka selebar-lebarnya para UMKM dan masyarakat yang mau jualan, rencananya kita akan bangun sekitar 150 an lapak, dan kita juga akan berkoordinasi dengan pihak lainnya, seperti Polres dan lainnya," pungkasnya. 

Turut hadir, perwakilan Polres Dumai, Kepala Satpol PP, perwakilan Dinas Perhubungan, Perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Ketua BPOM.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved