Pelabuhan Internasional Dumai Akan Segera Diaktifkan, Diharapkan Bisa Mendongkrak Perekonomian

Pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, Pelindo telah disetujui oleh Satgas Pusat

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Walikota Dumai Paisal bersama Dandim 0320/Dumai, pihak Pelindo dan juga Kadishub Dumai, Zulkarnain, melakukan tinjauan Finalisasi Persiapan Pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang Pelindo, Jumat (8/4/2022)‎ 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Kota Dumai merupakan salah satu kota yang menjadi pintu masuk luar negeri, Pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang Pelindo telah disetujui oleh Satgas Pusat. 

‎Pelabuhan penumpang Pelindo ‎menjadi satu-satunya di Riau, yang menjadi pintu masuk kedatangan bagi para Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau turis asing di Indonesia

Untuk memastikan kondisi terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang Pelindo‎, Walikota Dumai Paisal bersama Dandim 0320/Dumai, pihak Pelindo dan juga Kadishub Dumai, Zulkarnain, melakukan tinjauan Finalisasi Persiapan Pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang pelindo‎. 

Baca juga: Dumai Kembali Gelar Festival Lampu Colok Setelah 2 Tahun Absen Selama Pandemi

Terlihat hadir juga perwakilan Lanal Dumai, Imigrasi, KSKP, KKP dan Beacukai

Disela sela tinjauannya, Walikota Dumai Paisal Paisal mengatakan bahwa Kota Dumai siap menjadi pintu pintu masuk kedatangan bagi para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) atau turis asing di Indonesia . 

Ia menambahkan, bahwa saat melakukan tinjauan Finalisasi Persiapan Pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang pelindo‎, pada Jumat (8/4/2022) Pelabuhan sudah sangat siap. 

Baca juga: Dumai Berencana Buka Pelabuhan Internasional Mulai 11 April Mendatang Setelah 2 Tahun Tutup

"Kita sudah siap, dan hari ini (Jumat ) kita akan mengirim surat ke Malaysia yang intinya kita sudah siap, dan kalau tak ada halangan Senin (11/4/2022) atau Selasa (12/4/2022), sudah aktif," jelasnya. 

Pasial meminta kepada tim Satgas Dumai, untuk mengetatkan Protokol kesehatan (Prokes), karena hal terpenting di pintu masuk yakni Prokes yang disiplin. 

"Jangan sampai kendor Prokesnya, bahaya nanti, dan saya minta Prokesnya dijaga betul termasuk vaksinasi setiap penumpang baik dari indonesia maupun dari luar negeri," katanya.

Baca juga: Hidupkan UMKM, Seratusan Lapak Pasar Ramdan Bakal Disiapkan di Kota Dumai

Diakuinya, syarat vaksin diharapkan bisa benar benar diterapkan oleh masing masing penyedia armada, ketika penumpang akan membeli tiket pastikan bawa penumpang itu sudah divaksin, minimal vaksin kedua. 

Bukan hanya itu saja, Paisal juga meminta Satgas dan stakeholder terkait untuk mendirikan gerai vaksin di Pelabuhan, untuk memudahkan para penumpang. 

"Semoga saja pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang Pelindo‎, bisa meningkatkan perekonomian di kota Dumai," harapnya. 

Baca juga: Logo Karya Mahasiswa ITB Raih Juara I Desain Logo HUT ke-23 Kota Dumai, Ini Maknanya

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Zulkarnaen‎ mengaku, pelayaran Dumai Malaysia, baik itu melalui Melaka, Port Dickson maupun Port Klang akan di buka sekitar 11 atau 12 April 2022 mendatang. 

"Kami juga masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti Pelindo, Imigrasi, KSKP, KKP dan Beacukai, apa apa lagi yang perlu disiapkan," pungkasnya

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved