BBKSDA Riau

BBKSDA Riau Terima Barang Hibah Senilai Rp 700 Juta Lebih dari BOB, Di Antaranya Ada Speedboat

Balai Besar KSDA Riau menerima hibah dari BOB PT BSP Pertamina Hulu, di antaranya adalah speedboat dan sepeda motor.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Tim Balai Besar KSDA Riau melakukan uji coba speedboat hibah dari BPB PT BSP Pertamina Hulu di Danau Zamrud Kabupaten Siak, Kamis (4/8/2022) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima sejumlah barang hibah dari BOB PT BSP Pertamina Hulu, Kamis (4/8/2022).

Penandatanganan serah terima hibah tersebut dilakukan di ruang meeting Kantor BOB Kabuten Siak.

Disampaikan External Affairs Manager BOB PT BSP Pertamina Hulu, Nazaruddin
Barang hibah tersebut adalah 1 unit speedboat, 2 unit sepeda motor, program paving block untuk Kantor Balai Besar KSDA Riau Resort Siak, gapura selamat datang untuk Taman Nasional Zamrud dan life jacket yang merupakan kelengkapan dari speedboat

"Mudah-mudahan ini adalah langkah awal di dalam program kolaboratif, program bersama-sama di dalam upaya melestarikan lingkungan di dalam kawasan konservasi taman nasional sembari kita dapat beroperasi secara lestari dan lancar di wilayah tersebut," katanya. 

Di tempat yang sama, Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau Fifin Arfiana Jogasara menyampaikan Terima kasih atas hibah tersebut. 

"Dengan nilai Rp 700 juta lebih, ini luar biasa, insha Allah ini akan bermanfaat buat kami pengelola, masyarakat umum dan pihak-pihak yang memanfaatkan fasilitas ini," kata Fifin. 

Usai seremonial serah terima tim Balai Besar KSDA Riau langsung melihat dan menguji coba speedboat tersebut di Danau Zamrud.

Speedboat bewarna putih Abu-Abu berbahan fiber itu bisa menampung sekitar 10 orang, dilengkapi dengan atap dan ruang kemudi.

Namun sayangnya, saat baru keluar dari dermaga, speedboat baru itu mengalami kendala di bagian stir sehingga tidak bisa berlayar lancar.

"Pihak perusahaan nanti akan memastikan speedboat itu akan berfungsi maksimal sehingga bisa kita gunakan dengan baik," kata Fifin usai uji coba speedboat baru tersebut.

Danau Eksotis

Danau Zamrud di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau memiliki pemandangan alam yang eksotis.

Seorang warga yang sejak kecil sudah menjadi nelayan di aliran sungai Rawa-Zamrud. Jasa Nazri (39) beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Danau Zamrud ada dua, Danau Bawah dan Danau Pulau Atas

"Danau Bawah, lebih kecil dari Danau Pulau Atas," ujar pria Melayu asal Sungai Apit yang kini bermukim di Kampung Dayun tersebut beberapa waktu lalu.

Pekerjaan sebagai nelayan adalah warisan dari ayah dan kakeknya sendiri.

Danau tersebut dikepung hijaunya hutan Zamrud . Pohon pinang merah juga banyak tumbuh di pinggir danau.

Dari kejauhan, bangau mengepakkan sayap hingga air berkecipak kencang.

Burung serindit memecah kesunyian hutan di ranting-ranting kayu.

"Pulau ini kecil, tidak ada pohon tinggi di sini," kata Jasa.

Danau Bawah ini menjadi habitat ikan tapah dan toman yang cukup terkenal di Provinsi Riau .

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved