Cerita Penghobi Mobil Hardtop di Riau, Terobos Jalur Ekstrem Demi Salurkan Bantuan

Hardtop Club Pekanbaru merupakan cikal bakal dari Komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Penghobi mobil Hardtop atau Toyota Land Cruiser di Bumi Lancang Kuning, jumlahnya terbilang cukup banyak.

Mereka tergabung dalam komunitas bernama Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau.

Komunitas ini merupakan cikal bakal dari Hardtop Club Pekanbaru , yang sudah ada sejak tahun tahun 1980-an.

Namun belakangan namanya berubah menjadi Toyota Land Cruiser Chapter Indonesia pada tahun 2012.

TLCI #2 Riau , memiliki moto 5 B. Diantaranya Bermanfaat, Berkarya, Beragam, Bersaudara, dan Bahagia.

Lima poin ini yang coba diimplementasikan para anggota yang tergabung dalam komunitas mobil yang mulai populer di Indonesia sekitar tahun 1980-an ini.

Pembina TLCI #2 Riau Sunarto mengatakan, Komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia #2 Riau ini memiliki anggota kurang lebih sebanyak 70 orang dan merupakan nomor 2 tertua di Indonesia setelah Jambi. 

Selain Chapter Riau, ada juga beberapa komunitas dibawah TLCI dan membentuk koordinator wilayah.

Salah satunya ada di Kabupaten Indragiri Hulu. Ke depan akan ada beberapa daerah lagi yang akan membentuk beberapa korwil dan berada dibawah naungan TLCI #2 Riau. 

komunitas bernama Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau.
Komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau (Istimewa)

Menurut Sunarto yang juga menjabat sebagai Kabid Humas Polda Riau ini, komunitas TLCI #2 Riau bukanlah wadah penyuka otomotif biasa, yang hanya saling bertukar cerita soal hobi, sparepart mobil, atau melakukan touring saja.

Namun lebih dari itu, TLCI #2 Riau sangat mengedepankan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya di daerah terpencil.

Tak jarang para anggota TLCI #2 Riau ini menerabas jalur ekstrem demi bisa menyalurkan bantuan.

Misalnya, melewati hutan, sungai, jalur berlumpur atau rawa, semak belukar, hingga perbukitan yang curam.

Salah satu yang pernah dikunjungi, bahkan kini menjadi desa binaan, yaitu Desa Ludai Dua Sepakat, di Kabupaten Kampar

TLCI #2 Riau menjadi satu-satunya yang mampu membawa kendaraan khususnya mobil sampai ke desa tersebut. Itu karena letaknya yang sangat terisolir.

"Sampai di sana kita bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Kita juga menyalurkan bantuan sosial yang kita bawa. Tak hanya itu, kita juga membantu pembangunan dan renovasi masjid. Masyarakat merasa sangat senang dengan kehadiran kita," kata Sunarto, yang memiliki pangkat bunga melati tiga di pundak, atau Komisaris Besar Polisi itu.

komunitas bernama Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau.
Komunitas Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) #2 Riau (Istimewa)

Lanjut dia, ketika Desa Ludai Dua Sepakat mendapat musibah bencana air bah, TLCI #2 Riau kembali hadir untuk memberikan bantuan.

“Jadi intinya kami setiap turun selalu melibatkan masyarakat. Enggak asal-asalan saja. Bahkan kami juga turut membantu membuatkan akses jalan masyarakat sekalian kami membuka jalur,” paparnya.

Tak hanya di Riau, kegiatan sosial yang digelar TLCI #2 Riau juga sampai ke provinsi tetangga, yakni Sumatera Barat (Sumbar). Anggota TLCI #2 Riau, mengumpulkan bantuan seperti bahan pokok, kasur, selimut, hingga peralatan bayi untuk disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa di daerah Pasaman Barat. Bantuan diantar langsung oleh anggota TLCI #2 Riau ke sana.

Ia memaparkan, agenda kegiatan di TLCI #2 Riau, sudah dirancang sejak jauh hari. Misalnya untuk agenda tahun 2022, maka memasuki tahun 2021 akhir, kegiatan sudah harus dirincikan. Baik itu kegiatan touring, jambore, kegiatan sosial, dan lain sebagainya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved