Ahli Penerbangan Ungkap Pesawat Ternyata Lebih Kotor Pasca Covid, Ini Alasannya

Para ahli memperingatkan bahwa pesawat cenderung menjadi lebih kotor pasca Covid-19

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
travelupdate.com
Ilustrasi kursi kelas ekonomi di pesawat 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Pakar telah memperingatkan bahwa pesawat cenderung menjadi lebih kotor pasca Covid-19

Maskapai penerbangan meningkatkan prosedur pembersihan mereka selama pandemi Covid seperti membersihkan bagian dalam pesawat secara teratur, penyaringan udara baru dan tisu pembersih yang dibagikan.

Dilansir dari The Sun, para ahli memperingatkan bahwa pesawat mungkin lebih banyak mengandung kuman daripada sebelumnya.
 
Hal ini karena kombinasi dari meredanya ketakutan di sekitar virus berkat peningkatan vaksinasi dan pengetahuan ilmiah seputar penularan, bersama dengan maskapai yang beraktivitas melawan kekurangan staf yang berjuang untuk memenuhi permintaan pasca pandemi.

Baca juga: Pukul Pramugari saat Penebangan, Penumpang Ini Dilarang Naik Pesawat American Airlines Seumur Hidup

Shashank Nigam - CEO SimpliFlying dan penulis buku Soar mengatakan kepada Washington Post bahwa pembersihan mendalam pesawat di antara penerbangan tidak lagi memungkinkan secara operasional karena perjalanan telah kembali ke tingkat yang lebih teratur.
 
Situs tersebut juga melaporkan bahwa kekurangan, khususnya, staf kebersihan membuat tidak mungkin untuk membersihkan pesawat secara menyeluruh setiap saat.

Verna Montalvo, seorang pembersih kabin untuk American Airlines di bandara Dallas-Fort Worth, mengatakan kepada Washington Post bahwa dia dan timnya terkadang hanya memiliki waktu empat menit untuk melakukan pekerjaan itu setiap kali.

Baca juga: Bukan Toilet, Pramugari Ini Ungkap Bagian Paling Kotor di Dalam Pesawat

"Beberapa pramugari kesal karena tidak bersih. Tentu saja itu tidak bersih, karena ini tergantung dari berapa banyak (waktu) yang mereka berikan kepada kami."
 
Sebagai tanggapan, Rachel Warner, juru bicara American Airlines mengatakan kepada situs tersebut bahwa pihaknya terus bekerja dengan mitra bisnisnya untuk memastikan tingkat staf yang memadai untuk mematuhi standar kebersihan pihaknya dan mengharapkan struktur kompensasi semua mitra secara adil yang mencerminkan tingkat pasaran.

"Jika kru penerbangan menentukan pembersihan tambahan diperlukan untuk memenuhi standar kami, mereka dapat memanggil kru pembersih kembali ke pesawat," katanya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Makanan di Pesawat Terasa Lebih Enak

Jika Anda penasaran dengan tempat yang paling banyak terjangkit kuman, American dan Delta Airlines mengatakan kepada Washington Post bahwa mereka terus membersihkan permukaan yang sering disentuh sebelum setiap penerbangan yang meliputi sabuk pengaman, meja nampan, sandaran tangan, dan toilet.
 
Para ahli juga mengungkapkan bahwa cara paling aman untuk bepergian adalah tetap memakai masker wajah berkualitas tinggi.
 
Leonard Marcus, yang meluncurkan Aviation Public Health Initiative di Harvard pada tahun 2020, menambahkan “Ketika saya di pesawat dan saya merasa perlu untuk minum atau makan sesuatu, saya akan meletakkannya di bawah masker saya dan kemudian memasang masker itu kembali secepat yang saya bisa."
 
Seorang pramugari dengan akun TikTok Flightbae.B menjelaskan mengapa Anda tidak boleh menggunakan kantong belakang kursi di pesawat.

"Tahukah Anda bahwa kantong sandaran kursi sebenarnya adalah permukaan paling kotor di pesawat? Itu karena tidak pernah dibersihkan," katanya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved