Pembebasan Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Rampung Desember 2022

Terdapat beberapa masalah yang terjadi untuk proses pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin

Editor: Theo Rizky
TribunPadang.com
Proyek pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru seksi I Padang-Sicincin 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Jalan Tol Padang-Sicincin merupakan Seksi I dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang terdiri dari 6 Seksi.

Pembebasan Jalan Tol Padang-Sicincin di Kabupaten Padang Pariaman ini ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Pembebasan lahan tol Padang-Sicincin sat ini sudah mencapai angka 88,67 persen, di antaranya tersisa 6 persil bidang lagi yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sumbar.

Namun Pemprov Sumbar tetap turun tangan membantu bebaskan 182 bidang tersisa.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Sumatra Barat Bidang Ekonomi dan Keuangan, Syafrizal Ucok saat rapat terkait jalan tol di Kantor Gubernur Sumbar, pada Selasa (22/11/2022) lalu.

Baca juga: Ruas Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Selesai Juli 2024

Dia menjelaskan bahwa progres yang sudah tercapai dengan total bidang Penetapan Lokasi (Penlok) 1 + Penlok 2 + Fasilitas Sosial (Fasos)/Fasilitas Umum (Fasum) dengan jumlah 1.605 bidang tanah.

"yang sudah bebas sebanyak 1.423 bidang dan menyisakan sebanyak 182 bidang yang belum bebas dengan total persentase yang sudah bebas 88,67 persen dengan total panjang 32,40 Kilometer," jelasnya.

Di antara total 182 bidang yang belum bebas, 148 bidang ada di Nagari Kapalo Hilalang, Nagari Sicincin 17 Bidang, Nagari Parit Malintang 4 bidang, Nagari Lubuk Alung 1 bidang, Nagari Nalah Hilir 1 bidang, Nagari Sungai Buluh Utara 3 bidang, Nagari Buayan 4 bidang, Nagari Sungai Buluh Selatan 1 bidang dan Nagari Sungai Buluh Barat 3 bidang.

Baca juga: Pembangunan Tol Padang-Sicincin Diteruskan, Memiliki Main Road 36 Km, Baru Selesai 4,2 Km

Syafrizal mengatakan terdapat beberapa masalah yang terjadi untuk proses pembebasan lahan tersebut.

Seperti terdapat berkas tanah milik Adat seperti Ranji yang perlu dibuat 3 tingkat dimana seluruh anggota kaum yang masuk didalamnya harus menandatangani surat persetujuan kaum.

"Di lapangan, banyak ditemui anggota kaum yang berdomisili di luar Provinsi Sumatera Barat, sehingga memerlukan waktu agar anggota kaum dapat melengkapi tanda tangan persetujuan kaum tersebut," katanya.

Selain itu banyak ditemui permasalahan internal kaum, seperti oknum Mamak Penghulu Suku yang tidak mau menandatangani Ranji dan Surat Persetujuan Kaum serta Oknum Kemenakan yang tidak sepatuh mamak.

Baca juga: Kabar Terbaru Tol Padang-Pekanbaru, Pembangunan Ruas Tol Padang-Sicincin Dimulai Kembali

Kemudian banyaknya daftar nominatif yang berubah akibat luas tanaman lebih besar dari luas tanah, masyarakat baru menyerahkan Sertifikat Hak Milik setelah selesai musyawarah, dan penggarap yang baru muncul padahal posisi berkas sudah Validasi ataupun SPP, sehingga perlu verifikasi ke lapangan dan mengulang proses yang sudah berjalan.

Selanjutnya, Kata Syafrizal, adanya mafia tanah yang bermunculan, setelah keluarnya penilaian oleh Appraisal atau pada saat Musyawarah Bentuk Ganti Kerugian di Kantor Bupati Padang Pariaman banyak pihak yang yang menyanggah atau menggugat tetapi tidak mempunyai dasar kepemilikan tanah (pemilik yang tidak berhak).

Kemudian terdapat berita simpang siur yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terkait proses tol mengenai harga penggantian tanah yang tidak layak sehingga membuat keresahan di masyarakat

Terakhir, terdapat permasalahan Pengadaan Tanah BWS V Sumatera yang terkena Trase Jalan Tol, sehingga diperlukan waktu untuk pengurusan administrasi karena Penlok BWS sudah habis namun tanah belum diganti rugi.

Syafrizal mengatakan Pemprov akan berusaha untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada dan menargetkan pembebasan lahan jalan tol seksi Padang - Sicincin akan selesai pada bulan Desember.

"Kita akan sampaikan kepada masyarakat untuk segera memverifikasi aset mereka, sehingga pada bulan Desember nanti semua rampung, jadi nantinya pembayaran akan dilakukan pada awal tahun 2023," ujarnya.

( Tribunpekanbarutravel.com / Tribunpadang.com )

 

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Sudah 88 Persen, Pembebasan Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Selesai Desember 2022

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved