Kepolisian Bakal Sematkan Cip pada Pelat Nomor Kendaraan? Ini Fungsinya

Penanaman ciip pada pelat nomor kendaraan ini juga bertujuan mendorong penerapan tilang electronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
TNKB atau pelat nomor putih untuk roda dua sudah berlaku di Pekanbaru. Kepolisian berencana untuk meningkatkan teknologi identifikasi kendaraan dengan menyematkan cip pada pelat nomor. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Cip bakal ditanam di pelat nomor kendaraan, apa fungsi atau kegunaan cip pada pelat nomor? simak dalam artikel ini

Kepolisian berencana untuk meningkatkan teknologi identifikasi kendaraan dengan menyematkan cip pada pelat nomor.

Kabarnya, cip ini menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang disematkan pada pelat nomor putih

Untuk diketahui, RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification yang merupakan teknologi untuk mengidentifikasi objek.

RFID akan bekerja dengan memanfaatkan pancaran gelombang frekuensi radio untuk membaca alat yang bermuatan elektromagnetik.

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, mengatakan, pemasangan cip RFID di pelat putih akan mempermudah mengidentifikasi kendaraan di beberapa sektor.

Cip akan memuat berbagai informasi seperti data kendaraan pribadi dan data penindakan bukti pelanggaran.

“Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam cip, dan tertera data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai maka akan ditindak atau dikenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Yusri, disitat dari laman Humas Polri (2/1/2022).

Dari data itu disebut, pemilik kendaraan bisa mengakses izin masuk E-Tol dan pembayaran parkir elektronik.

Sebagai informasi, cip tersebut membutuhkan dua perangkat agar bisa mengidentifikasi objek, yakni perangkat pembaca atau pemindai RFID dan label RFID atau transponder.

Sederhananya, proses pengidentifikasian objek pada RFID sama seperti pemindaian barcode menggunakan scanner.

Namun, pengidentifikasian objek di RFID bisa dilakukan dengan jarak yang cukup jauh.

Yusri juga mengatakan, penanaman ciip pada pelat nomor kendaraan ini juga bertujuan mendorong penerapan ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement

“Karena nanti semuanya akan berbasis elektronik. Tapi prosesnya masih panjang. Banyak yang harus kita persiapkan, mengenai aturan, data dan lain-lain," kata dia.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul  Begini Fungsi Cip yang Mau Dipasang di Pelat Nomor Kendaraan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved