Mengenal Pasar Bawah, Pasar Wisata yang Dikunjungi Jokowi saat Kunker ke Riau

Pasar Bawah Pekanbaru menjadi objek kedua yang dikunjungi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Riau

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru , Rabu (4/1/2023). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Pasar Bawah Pekanbaru menjadi objek kedua yang dikunjungi Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Riau, Rabu (4/1/2023) lalu.

Disebutkan Jokowi, kunjungannya ke pasar tersebut untuk memastikan bahwa optimisme para pedagang bisa terus meningkat pada tahun 2023.

"Saya masuk ke pasar bawah untuk melihat geliat ekonomi di pasar utamanya yang berkaitan dengan omzet apakah dibandingkan tahun 2021 lebih baik, para pedagang menyampaikan 2022 lebih baik," ucap Jokowi.

"Tapi setelah PPKM dicabut para pedagang berharap omzetnya lebih baik, artinya di tahun 2023 semuanya berharap dan optimisme lebih baik dari tahun 2022," kata Jokowi lagi.

Sementara itu, Masria, seorang pedagang di Pasar Bawah mengaku bangga karena Provinsi Riau menjadi provinsi pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi pada tahun 2023.

"Pertama kali kami merasa bangga di tahun 2023 kami dapat kunjungan di sini, pertama sekali Pak Presiden langsung ke Riau, kunjungan perdananya tahun 2023. Kami bangga sekali," sebut Masria.

Pasar Bawah Pekanbaru
Pasar Bawah Pekanbaru (Dok Tribun Pekanbaru)

Saat berjumpa dengan Presiden, Masria mengatakan bahwa Kepala Negara ternyata tertarik dengan salah satu barang dagangan berupa kain songket khas Riau. 

"Alhamdulillah tadi Bapak (Presiden) suka ini songket yang papa mama, langsung beli yang warna hijau, lembut (bahannya), Bapak (Presiden) suka," beber Masria.

Selain itu, pedagang lainnya bernama Meri mengaku senang atas kunjungan Presiden Jokowi ke Pasar Bawah. 

Meri pun berharap agar kunjungan Presiden juga sekaligus dapat menarik masyarakat untuk dapat mengunjungi pasar tersebut.

Baca juga: Jumlah Pedagang di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru Sempat Berkurang Akibat Pandemi Covid-19

"Baru pertama kali jumpa, ada dag-dig-dug juga, senang gitu baru pertama kali jumpa, tapi senang sudah berkunjung ke Pasar Bawah, biar Pasar Bawah itu terpromosi juga ke daerah luar. Selain itu, Pasar Bawah ini juga terkenal dari mana-mana. Kalau ke Pekanbaru nggak ke Pasar Bawah itu nggak afdol," ujar Meri.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Seorang penjual ikan asin dan ikan teri di Pasar Bawah Pekanbaru sedang menanti pembeli belum lama ini. Aktivitas penjualan pedagang di pasar wisata berangsur pulih di masa pandemi Covid-19 .
Seorang penjual ikan asin dan ikan teri di Pasar Bawah Pekanbaru sedang menanti pembeli belum lama ini. Aktivitas penjualan pedagang di pasar wisata berangsur pulih di masa pandemi Covid-19 . (Dok Tribun Pekanbaru)

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution berharap para pedagang di Pasar Bawah mengalami peningkatan omzet.

Apalagi pendapatan para pedagang sempat menurun selama pandemi covid-19.

Namun presiden sudah mencabut kebijakan PPKM sehingga toko-toko yang sempat tutup bisa beraktivitas kembali.

Ia juga menilai kehadiran presiden sebagai penyemangat dalam pemulihan ekonomi di sektor perdagangan.

"Harapan kita perekonomian masyarakat kita juga meningkat," ujarnya usai kunjungan.

Sebangai ikon wisata belanja di Kota Pekanbaru , Pasar Bawah selalu ramai dikunjungi wisatawan yang sedang melancong ke Kota Bertuah ini,

karena wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam buah tangan khas Kota Pekanbaru

Baca juga: Aktivitas Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru Kembali Berdenyut Dalam Pandemi Covid-19

Sehingga tak lengkap rasanya kalau berkunjung tanpa singgah ke Pasar Bawah .

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved