Manfaat Minum Air Kelapa dan Cara Mengonsumsinya Agar Mendapatkan Khasiat Terbaik

Air kelapa memiliki cita rasa yang enak, menyegarkan dan ternyata juga memiliki beberapa khasiat.

Editor: Theo Rizky
Tribun Jambi
Kelapa muda 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Minum air kelapa memiliki rasa yang enak dan menyegarkan

Hampir semua kalangan masyarakat pada suka nih dengan minuman yang satu ini.

Apalagi air kelapa sangat mudah ditemui di Nusantara

Maka gak heran banyak orang yang suka dengan air kelapa.

Selain rasanya enak, air kelapa juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh

Sehingga wajar jika banyak orang yang suka minum air kelapa setiap harinya.

Namun, bagi Anda yang doyan minum air kelapa mending simak dulu aturan minum air kelapa agar bisa berikan khasiat luar biasa untuk tubuh.

Aturan Minum Air Kelapa

Dilansir dari Sajian Sedap, Dr. Jenna Macciochi, ahli imunologi dan penulis Immunity: The Science of Staying Well menulis bahwa sistem kekebalan tubuh kita adalah garis pertahanan pertama melawan infeksi dan penyakit.

“Meskipun secara ilmiah tidak ada cara untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu, ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat kamu terapkan untuk menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh yang dapat merespons infeksi dengan tepat dan menyembuhkan serta memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi dalam prosesnya," tulis Dr. Jenna Macciochi.

Salah satu alternatif gaya hidup yang semakin disukai masyarakat salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa Menurut Penelitian

Sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak dahulu kala di Indonesia, air kelapa memang memiliki cita rasa yang enak, menyegarkan dan ternyata juga memiliki beberapa khasiat.

Selain itu, air kelapa ternyata juga memiliki kandungan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak cukup dikonsumsi kebanyakan orang.

Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia menjelaskan khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

“Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

"Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh,” ungkap Prof. Tuti.

Di balik rasanya yang segar ternyata ada aturan utuk minum air kelapa loh.

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Baca juga: Mengandung Antioksidan, Berikut Manfaat Air Kelapa bagi Tubuh

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

Jika kita mengalami dehidrasi, seluruh sistem tubuh akan terganggu.

Tags
air kelapa
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved