Komisi V DPRD Riau Apresiasi Program Atensi Sentra Abiseka

Sentra Abiseka Pekanbaru menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau Tahun 2023

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Sentra Abiseka Pekanbaru menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau Tahun 2023, Senin (16/1/2023) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Sentra Abiseka Pekanbaru menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Senin (16/1/2023) di Ruang Rapat Komisi V DPRD Provinsi Riau

Pada RDP tersebut Kepala Sentra Abiseka, Agus Hasyim Ibrahim, memaparkan profil dan program rehabilitasi sosial khususnya program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang dilaksanakan Sentra Abiseka Pekanbaru

Selain itu juga terkait dengan target dan realisasi program Tahun Anggaran 2022, struktur anggaran, dan target pelaksanaan program Tahun 2023.

"Terkait koordinasi dengan Sentra Abiseka Pekanbaru sebagai UPT Kementerian Sosial RI di Provinsi Riau, kami juga perlu mendapatkan peta permasalahan sosial masing-masing kabupaten kota karena ini terkait dengan perencanaan. Apa yang harus kami lakukan dan masing-masing dari kita harus melakukan apa. Harapan besar kami, bahwa UPT Kementerian Sosial yang berada di Provinsi Riau khususnya Pekanbaru, mampu menjadi koordinator Dinas Sosial Kab/Kota" Ujar Ade Hartati Rahmat, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sentra Abiseka, Agus Hasyim Ibrahim menyampaikan bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Kota.

"Kegiatan-kegiatan kami dikolaborasikan dengan program-program yang ada di Dinas Sosial maupun pendamping dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di 13 kabupaten kota wilayah kerja kami," katanya secara tertulis.

Baca juga: Indonesia Melihat, Sentra Abiseka Pekanbaru Gelar Operasi Katarak Sosial

Lebih lanjut lagi terkait dengan pemetaan permasalahan sosial sebagai bahan perencanaan, Agus menjelaskan Sentra Abiseka Pekanbaru memiliki program asesmen terintegrasi yang melibatkan pendamping sosial dan Dinas Sosial di seluruh wilayah kerja Sentra Abiseka.

Sudah ada sebaran data permasalahan anak, disabilitas, lanjut usia, dan kelompok rentan termasuk korban penyalahgunaan Napza, orang dengan HIV/AIDS, dan lainnya di 13 Kab/Kota wilayah kerja Sentra Abiseka yang kedepan akan segera ditindaklanjuti.

Program ATENSI Sentra Abiseka Pekanbaru terdiri dari 7 komponen layanan mulai dari penemuhan kebutuhan hidup layak, perawatan dan pengasuhan sosial, dukungan keluarga, terapi, dukungan vokasional dan kewirausahaan, asistensi dan bantuan sosial, serta dukungan aksesibilitas.

Namun pada pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang dihadapi seperti misalnya persoalan akses fasilitas kesehatan bagi penerima manfaat.

Sentra Abiseka Pekanbaru menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Senin (16/1/2023) di Ruang Rapat Komisi V DPRD Provinsi Riau
Sentra Abiseka Pekanbaru menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Senin (16/1/2023) di Ruang Rapat Komisi V DPRD Provinsi Riau (Istimewa)

Secara teknis, Pekerja Sosial Sentra Abiseka, Yustisia menggambarkan bahwa ketika penerima manfaat membutuhkan layanan fasilitas kesehatan, sementara mereka tidak memiliki identitas atau misalnya untuk anak korban kekerasan, itu tidak dapat tercover oleh BPJS.

Sementara beberapa Kab/Kota belum memiliki MoU dengan RSUD untuk dapat memberikan layanan kesehatan gratis di luar BPJS.

"Terkait dengan layanan kesehatan, kami sudah ada program Universal Health Coverage yang bisa dimanfaatkan. Kami sarankan, karena (Sentra Abiseka) adalah Kementerian, silahkan MoU dengan Provinsi. Universal Health Coverage bisa mengcover hal tersebut. Sekiranya nanti belum membuahkan hasil sampaikan kepda Komisi V nanti kita rapat bersama di sini." Wakil Ketua Komisi V, Karmila menjelaskan.

Baca juga: HDI 2022, Abiseka Pekanbaru Salurkan Bantuan Kaki dan Tangan Tiruan

Sementara itu untuk program ATENSI tahun 2023, khusus untuk Bantuan Sosial Sentra Abiseka Pekanbaru akan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat dengan target lebih kurang 2.633 penerima manfaat dengan indeks rata-rata bantuan berkisar 2,4 juta rupiah per orang.

Rapat Dengar Pendapat dalam rangka Pengawasan DPRD Pada Sinkronisasi Program/ Kegiatan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial di Provinsi Riau menghasilkan rekomendasi diantaranya Komisi V DPRD Provinsi Riau meminta kepada Sentra Abiseka untuk memberikan informasi mengenai program bantuan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023 kepada Komisi V DPRD Prov. Riau.

Kedua, Komisi V meminta kepada Sentra Abiseka untuk melibatkan Komisi V dalam penyerahan bantuan kepada masyarakat.

Ketiga, Komisi V meminta kepada Sentra Abiseka untuk selalu bersinergi dengan Komisi V dalam pelaksanaan program dan kegiatan di Provinsi Riau.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved