Penuh Harapan, Warga Tionghoa Mulai Berburu Pernak Pernik Jelang Imlek 2023

Warga Tionghoa sudah banyak memburu pernak pernik Imlek untuk menghiasi rumah mereka sekaligus perisapan untuk sembahyang.

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Suasana toko pernak pernik Imlek di Kota Dumai belum lama ini. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - ‎Menyambut Tahun Baru Imlek yang akan dirayakan pada 22 Januari  2023, mendatang , masyarakat etnis Tionghoa di Kota Dumai, mulai bersiap-siap jelang perayaan Imlek

Persiapan tersebut ditandai dengan banyaknya warga Tionghoa memburu pernak pernik untuk menghiasi rumah mereka sekaligus perisapan untuk sembahyang.

Mulai dari lampion, perlengkapan sembahyang seperti kertas sembahyang dan dupa  paling banyak diburu oleh masyarakat Tionghoa.

Salah satu toko yang terlihat ramai dikunjungi warga Tionghoa, yakni toko Lotus yang beralamat di Jalan Cempedak kota Dumai. 

‎Toko yang berada di jalan Cempedak ini, menjual berbagai pernak pernik Imlek, bahkan saat memasuk toko, pernak pernik Imlek sudah terlihat jelas  

Mulai dari lampion ukuran kecil hingga besar.

Poster  bergambarkan Shio Kelinci  juga tersedia di rak-rak di depan toko, bahkan ada kertas sembahyang yang sudah tersusun rapi seperti parsel.

Baca juga: Persiapan Imlek dan Perang Air, Kepulauan Meranti Bakal Diramaikan Wisatawan Luar Negeri

Ami pemilik  toko Lotus mengatakan bahwa dirinya bersyukur menjelang perayaan Imlek 2023 di Kota Dumai tidak dilanda banjir ataupun pasang keling. 

Diakuinya, karena tidak pasang atau banjir, ada peningkatan pembeli pernak pernik Imlek di tahun 2023, terlebih saat ini kondisi Covid-19 sudah terkendali.

"Tahun ini ada peningkatan pembeli, Banyak yang datang ke toko untuk membeli kertas sembahyang. Ada juga yang sengaja datang untuk mencari lampion, amplop angpao dan pernak pernik lainnya," katanya, Selasa  (17/1/2023).

Ia menambahkan, untuk ‎harga lampion bervariasi, mulai dari Rp100 ribu hingga Jutaan rupiah tergantung bahannya, untuk harga kertas sembahyang juga bervariasi dari Rp15 ribu hingga ratusan ribu.

Baca juga: Catat! Ini jadwal Cuti Bersama Libur Imlek 2023

"Imlek tahun ini Kelinci, makanya poster yang dijual juga ada gambar kelinci, harga poster bervariasi dari Rp45 ribu. Banyak juga yang sudah beli poster Kelinci, " sebutnya. 

Selain pernak pernik, Tambahnya, minuman kemasan, aneka kue dan buah buahan seperti jeruk Bali dan lainnya juga diburu

"Ada peningkatan sih bang dibanding tahun lalu, semoga di tahun ini wabah Covid-19 bisa punah, dan indonesia bisa semakin maju, dan sesuai dengan tahun kelinci tahun penuh harapan," jelasnya

Salah seorang warga etnis Tionghoa, Bile mengaku selalu menyiapkan kebutuhan imlek sekaligus Cap Go Meh untuk dirumah dan sembahyang di Kelenteng. 

Dirinya mengaku, untuk mempercantik rumah Ia bersama anaknya berburu pernak pernik Imlek, seperti Lampion  stiker tahunan, yang mana tahun ini stiker bergambar kelinci. 

Baca juga: 5 Makanan Khas Imlek dan Maknanya

"Kita cari lampion yang agak besar karena lampion tahun kemarin sudah banyak yang rusak, sekaligus stiker kelinci," sebutnya.

Selain berburu pernak pernik imlek, Bile juga berburu aneka kue, buah dan minuman untuk persiapan menyambut perayaan Imlek sekaligus persiapan sembahyang.

Biasanya kue disiapkan untuk jamuan keluarga dan tamu yang berkunjung ke kediamannya.

"Kita berharap di tahun 2023 ini, Indonesia bisa semakin maju, dan menjadi tahun kebangkitan dan tahun penuh harapan," pungkasnya

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved