5 Rekomendasi Objek Wisata di Sawahlunto Sumbar, Cocok Untuk Para Penggemar Sejarah

Wisatawan di Sawahlunto Sumbar bisa melihat museum hingga lubang tambang yang merupakan ciri khas di sana

Editor: Theo Rizky
TribunPadang.com
Lubang Mbah Suro di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat ( Sumbar ) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM - Kota Sawahlunto Sumatera Barat memiliki destinasi wisata yang beragam.

Pengunjung bisa melihat museum hingga lubang tambang yang merupakan ciri khas Sawahlunto Sumbar

Bagi yang ingin mengetahui tentang sejarah pertambangan batu bara di Sawalunto, tempat wisata ini bisa dijadikan tujuan.

Berikut tempat Wisata Sumatera Barat di Sawahlunto :

1. Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem ini beralamat di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Museum Goedang Ransoemdi Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumbar
Museum Goedang Ransoem di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumbar (TribunPadang.com)

Museum ini menyimpan banyak sejarah tentang Kota Sawahlunto dahulunya sebagai kota tambang batu bara.

Museum Goedang Ransoem saat ini masih berdiri kokoh. Di dalamnya pengunjung bisa melihat peralatan masak untuk pekerja tambang hingga peralatan yang digunakan pekerja untuk menambang batu bara.

2. Lubang Mbah Suro 

Lubang Mbah Suro berlokasi di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Lubang Mbah Suro memiliki panjang 1,5 kilometer

Lubang Mbah Suro di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat ( Sumbar )
Lubang Mbah Suro di Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat ( Sumbar ) (TribunPadang.com)

Pengunjung yang ingin mengetahui bagaimana dahulunya para pekerja tambang batu bara bekerja dapat melihat langsung ke dalam Lubang Mbah Suro ini.

Sebelum memasuki Lubang Mbah Suro, pengunjung nantinya akan dipandu dan diwajibkan menggunakan sepatu khusus dan helm yang sudah disediakan.

Bahkan nantinya pengunjung akan mendapatkan sertifikat setelah mengunjungi Lubang Mbah Suro.

3. Museum Kereta Api 

Museum Kereta Api di Sawahlunto terletak di Jalan Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Museum Kereta Api di Jalan Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumbar
Museum Kereta Api di Jalan Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumbar (TribunPadang.com)

Museum Kereta Api ini sebelumnya merupakan stasiun kereta api dan sejak 2005 telah berhenti dan kemudian dijadikan sebagai museum.

Di dalam Museum Kereta Api ini pengunjung dapat melihat barang antik peninggalan berupa peralatan kereta api, mesin hitung, mesin ketik hingga dokumentasi kereta api yang berisikan sejarah adanya jalur kereta api di Sumatera Barat.

Museum Kereta Api di Sawahlunto ini termasuk yang tertua di Indonesia setelah Museum Kereta Api di Ambarawa.

4. Kerkhof atau Pemakaman Belanda 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved